SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI #CANGAKAN NGANGENI

Artikel

Waspada Bahaya Wereng Coklat Sudah Mutasiadaptasi Menyesuaikan Musim

30 Oktober 2023 11:24:56  ARBANGI  634 Kali Dibaca  Berita Desa

cangakan.desa.id - Petani diharapkan waspada terhadap serangan wereng Coklat ( Nilaparvata lugens) walau dimusim kemarau, yang konon wereng coklat hanya dimusim penghujan dengan kelembaban tinggi, rupanya wereng coklat saat ini sudah mutasi menyesuaikan dengan cuaca walau saat ini cuaca mencapai hampir 42 derajat celcius nyatanya berkembang sangat pesat, dalam tempo tiga hari padi milik Podo, Suwito dan Abdul Kasih warga Dusun Pencol Desa Cangakan sudah terserang wereng coklat dengan tanda tanda hangus langsung mati

Setelah menerima laporan Wahyu Hari Ahadi, S.Sos.,SST.,M.Agr. Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk wilayah Cangakan yang diikuti Trimulyo Anantori, SP., Fahmi Pawila,S.Tr.P. dari BPP Kecamatan Kasreman dan Arbangi selaku Koordinator petani organik Desa Cangakan, langsung terjun kelapangan untuk melihat langsung kondisi yang terserang hawa wereng coklat.

Dari hasil tinjauan lapangan akan diadakan tindakan Gerakan Pengendalian (Gerdal) hama wereng coklat dengan penyemprotan masal, diingatkan pada para petani untuk tetap waspada terhadap serangan wereng Coklat, yang kini mengkhawatirkan meskipun musim kemarau. Tradisi sebelumnya menyatakan bahwa wereng coklat hanya muncul saat musim penghujan dengan kelembaban tinggi. Namun, mutasi terbaru menunjukkan bahwa wereng coklat telah menyesuaikan diri dengan cuaca ekstrem, bahkan di bawah suhu 42 derajat Celcius.

Dalam tiga hari terakhir, petani seperti Podo, Suwito, dan Abdul Kasih dari Dusun Pencol Desa Cangakan dilaporkan mengalami serangan hebat, yang menyebabkan tanaman padi mereka hangus dan mati seketika. Menerima laporan ini, Wahyu Hari Ahadi, S.Sos., SST., M. Agr., Trimulyo Anantori, SP., Fahmi Pawila, S.Tr.P. petugas penyuluh lapangan dari BPP Kecamatan Kasreman dan Arbangi selaku koordinator petani organik Desa Cangakan segera turun tangan. Mereka mengadakan tinjauan lapangan dan merencanakan Gerakan Pengendalian (Gerdal) dengan penyemprotan massal yang dijadwalkan besok, Selasa (31/11/2023).

Peringatan diberikan kepada para petani agar selalu memantau tanaman mereka secara rutin dan mengambil langkah pencegahan yang diperlukan sejak dini untuk mengatasi serangan wereng Coklat yang merusak. Hal ini diharapkan dapat membantu mengurangi dampak buruk bagi hasil panen dan kesejahteraan petani.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Ngawi Caruban Km 6,5 Desa Cangakan Kecanatan Kasreman Kabupaten Ngawi
Desa : Cangakan
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : pemdescangakan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:190
    Kemarin:315
    Total Pengunjung:221.991
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.116.90.59
    Browser:Mozilla 5.0