SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI #CANGAKAN NGANGENI

Artikel

PERPUSDES CAKRAWALA

21 Juni 2022 18:47:21  ARBANGI  460 Kali Dibaca 

PROFIL PERPUSTAKAAN DESA (PERPUSDES) CAKRAWALA

 

Berawal dari Perpustakaan Desa (Perpusdes) Cakrawala, dalam rangka mewujudkan Perpustakaan berbasis insklusi sosial selama ini pengelola perpusdes telah melakukan pembelajaran teknologi infomasi (IT) yang mencangkup usia anak-anak  hingga  dewasa, hal ini salah satu usaha percapatan adaptasi di era generasi Alpha (4.0) bahkan menuju  (5.0) Pelatihan yang dilakukan saat ini berawal dari tingkat dasar komputer kepada masyarakat dengan harapkan ke depannya bisa terus berkembang dengan ilmu yang lebih beragam dan menyangkut berbagai bidang kehidupan seperti masalah agama, pertanian, sosial, seni budaya, hukum, teknologi tepat guna (TTG), informasi Teknologi (IT) dan utamanya untuk peningkatan kapasitas para pelaku UMKM. Di masa pandemi yang telah berjalan selama lebih kurang 3 tahun tanpa disadari telah melemahkan tingkat pembelajaran masyarakat sehingga dapat mematikan generasi muda. Sebagai bentuk dukungan pemulihan kondisi terburuk akibat adanya pandemi covid 19 maka inovasi ini bersifat berkelanjutan (long life learning). Pemateri diambil dari anak-anak muda Desa Cangakan yang memiliki keahlian dibidangnya dan dimulai dengan sikap sukarela, bisa dari kalangan mahasiswa, praktisi dan lain sebagainya. serta melakukan MoU dengan pihak ke-3 yang ahli dibidanya seperti Lembaga bantuan hukum Eagle Ngawi, PMI Ngawi, Ngawi Tekno, BUMDES, Lembaga Pendidikan, PAUD, TK/RA, SD/MI, SLTP, SLTA, TPA, Lembaga Keagamaan, Sanggar seni, Lembaga Pendidikan Pertanian organik, dan lain sebagainya.

Gagasan ini diadopsi dari beberapa sumber yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan potensi di Desa Cangakan. Karena Jika kita terpaku harus memiliki inovasi baru,  hal tersebut akan mudah ditiru oleh desa lain. Tetapi jika kita mengembangkan apa yang telah kita miliki malah kita akan  1 langkah lebih unggul dari inovasi yang dipikirkan desa lain.

Adapun untuk  mewujudkan hal tersebut diatas kita sudah melakukan dan menempuh bebera cara seperti : Pelatihan Computer untuk anak-anak, remaja, Ibu-ibu Kader, Ketua RT/RW, mengadakan penyuluhan hukum keluarga, bahkti sosial donor darah, pelatihan ketrampilan UMKM, membuat talikur, membuat kue basah dan kering, membuat sabun Colek dan cair, tenun tikar, pemgambilan foto dan Copy Writing pelabelan Produk UMKM, Fasilitasi izin PIRT, Khotmil Qur’an, Pelatihan Pemulasaraan Jenazah, Pelatihan Qiroah satu hari satu maqro’, Pelatihan Menari, Memawrnai dan melukis, mendongeng untuk anak-anak dll.

Sedangkan untuk menunjang inovasi tersebut diatas kita kan mengoptimalkan peran media Sosial Pemerintah Desa Cangakan  mulai dar IG, Facebook, Email, Tiktok, Website, You tube, dan untuk lebih mempeluas penyebaran informasi pembelajaran yang medidik masyarakat kita buatkan program siaran PRODCAST yang diberi nama RUJAK TIMUN MAS yang ditayangkan melalui you tube CANGAKAN tv dengan mengundang praktisi dari berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu Pendidikan, agama, sosial, seni budaya, hukum, pertanian, ketrampilan UMKM, Dinas dan intasnsi terkait.

Perpusdes Cakrawala dala rangka mewujudkan hal tersebut diatas didukung dengan sarana prasara sbb :

  1. Ruang perpustakaan
  2. Buku 2. 500 exemplar dengan sektar 900 Judul
  3. Computer 3 Unit
  4. Printer gratis
  5. Internet gratis
  6. TV Smart

1. TUJUAN DIDIRIKAN PERPUSDES CAKRAWALA

Meningkatkan pengetahuan masyarakat di bidang informasi teknologi (IT) guna mengikuti perkembangan zaman di era digitalisasi (4.0) yang bertujuan untuk meningkatka kesehjateraan masyarakat Cangakan dari berbagai aspek kehidupan, Agama, ekonomi, sosial budaya, hukum, pertanian dan lain sebagainya

2. MANFAAT ADANYA PERPUSDES CAKRAWALA

Masyarakat tidak gagap teknologi sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman yang serba digital sehingga mampu meningkatkan kesehjateraannya melalui penguasaan IT

3. HASIL YANG DIPEROLEH DENGAN ADANYA PERPUDES CAKRAWALA

Peningkatan kesehjateran keluarga dan masyarakat  melalui penguasan Informasi Teknologi (IT) yang baik dan benar. Dengan adanya Perpusdes Cakwala dapat dijadikan sebagai ruang pembelajaran Teknologi dan Infprmasi bagi masyarakat atau dengan istilah ( Rujak Timun Mas)

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Ngawi Caruban Km 6,5 Desa Cangakan Kecanatan Kasreman Kabupaten Ngawi
Desa : Cangakan
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : pemdescangakan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:84
    Kemarin:278
    Total Pengunjung:208.734
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:52.14.135.65
    Browser:Mozilla 5.0