SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI #CANGAKAN NGANGENI

Artikel

Anak Hebat Puncak Market Day SDN Cangakan 2 Sarana Pembentukan Karakter

25 Desember 2022 05:21:42  ARBANGI  570 Kali Dibaca  Berita Desa

CANGAKAN.DESA.ID - Anak-anak hebat dari siswa-siswi SDN Cangakan 2 selenggarakan Kegiatan puncak Market Day yang digelar dihalaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cangakan 2 Desa Cangakan Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi, dengan tema kewirausahaan. market Day bertujuan mengajarkan anak-anak untuk belajar berwira usaha jual beli dengan menanamkan karakter mandiri, kreatif, bertanggung jawab dan jujur. 

Intinya dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini mereka juga diajarkan praktek membuat salah satu makanan yang mereka bisa jual. Di dalam Market Day ini yang aktif adalah dari siswa dan wali murid, sedangkan guru ditiap kelasnya hanya berperang sebagai pendamping saja. mulai dari penentuan jenis makanan, minuman dan hiasan di stan jualan bahkan sampai penentuan harga.

Menurut Dwi Mahendra Riniwigati Kepala SDN Cangakan 2 yang berhasil dihubungi via sambungan telepon menyampaikan.

"Kegiatan Market Day ini terselenggara atas kerjasama yang baik antara siswa dan paguyuban kelas yaitu kumpulan wali murid di tiap kelas mereka bekerjasama mendukung semua kegiatan yang diadakan sekolah. Jadi ada keterlibatan secara langsung oleh wali murid. Tidak seperti dulu yang aktif hanya pihak sekolah saja, namun sekarang adalah sebaliknya," Uangkap Mahendra.

"Program semster ke-2 kami mengambil tema kearifan lokal rencana akan praktek membuat batik jumputan motif Desa Cangakan dan nantinya saya mau lombakan tarian Cangak sebagai icon asal usul Desa Cangakan, per kelas dengan melibatkan paguyuban kelas, " Lanjut Mahendra.

Menurut salah seorang wali murid yang juga anggota paguyuban menuturkan dengan adanya kegiatan Market Day ini sangat bermanfaat sekali bagi perkembangan jiwa dan mental anak-anak.

"Market Day ini sekalian sebagai sarana mencari potensi, kraetifitas, inovasi dari pada anak- anak dan juga tidak kalah pentingnya adalah sebagai pembentukan karaktersejak dini yang kelak akan menjadi anak-anak hebat," Tutur Salah seorang anggota wali murid

Sabagai penutupan Puncak Market Day diadakan lomba tari kreasi yang diikuti siswa kelas 1 - 6, juga diadakan senam bersama antara guru, siswa, dan wali murid.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Ngawi Caruban Km 6,5 Desa Cangakan Kecanatan Kasreman Kabupaten Ngawi
Desa : Cangakan
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : pemdescangakan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:145
    Kemarin:315
    Total Pengunjung:221.946
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.58.2.68
    Browser:Mozilla 5.0