SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI #CANGAKAN NGANGENI

Artikel

Manfaatkan Rahshdul Qiblah Pengurus Masjid Musholla Cangakan Ikuti Gerakan Hari Sejuta Kiblat

28 Mei 2024 06:12:14  ARBANGI  146 Kali Dibaca  Berita Desa

cangakan.desa.id - Pengurus Masjid dan Musholla se wilayah Desa Camngakan Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi ikuti gerakan Hari Sejuta Kiblat pada 27 Mei 2024 pukul 16.18 WIB yang digelar leh Kementrian Agama RI

Kemenag Gelar Pengukuran Sejuta Arah Kiblat dengan memanfaatkan peristiwa "rahshdul qiblah" atau momentum saat matahari melintas tepat di atas Kakbah, sehingga bayang-bayang benda akan lurus ke arah kiblat.

Giat ini digelar dengan tajuk “Hari Sejuta Kiblat”. Sebab, prosesnya melibatkan lebih dari satu juta masyarakat untuk mengukur arah kiblat secara serentak dalam satu hari di seluruh wilayah di Indonesia.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib mengatakan, kegiatan itu digelar untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang arah kiblat dan cara menentukannya. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk menguatkan ikatan dan rasa kebersamaan umat Islam di seluruh Indonesia melalui fokus yang sama terhadap arah kiblat. Kemudian menjadi refleksi dalam kehidupan spiritual sehari-hari,” ujar Adib di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Dikatakan Adib, kegiatan ini juga akan didaftarkan ke Museum Rekor Indonesia (MURI). “Masyarakat umum dapat berpartisipasi dalam acara ini. Selain itu, kelompok masyarakat sasaran yang akan dilibatkan di antaranya Penyuluh Agama Islam, Pondok Pesantren, Majelis Taklim, Ormas Islam, Kampus/Universitas, dan Badan Kesejahteraan Masjid (BKM)," jelas Adib.

Untuk di wilayah Cangakan lokasi di fokuskan di Masjid Jami’ Baiturrohman dan Musholla Baitul Hasanah Dusun Pencol dengan melibatkan para pengurus dari hasil pengamatan yang dilakukan arah kiblat mengahdap lurus kebarat pada 7.25.37 Lintang Selatan dan 111.30.20 Bujur Timur pada posisi 288 derajad

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Ngawi Caruban Km 6,5 Desa Cangakan Kecanatan Kasreman Kabupaten Ngawi
Desa : Cangakan
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : pemdescangakan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:83
    Kemarin:315
    Total Pengunjung:221.884
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.141.137
    Browser:Mozilla 5.0