SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI #CANGAKAN NGANGENI

Artikel

Pemdes Cangakan Kosisten Terhadap Pertanian Organik Sebagai Solusi Tekan Biaya Produksi

15 November 2023 21:00:35  ARBANGI  242 Kali Dibaca  Berita Desa

cangakan.desa.id - Hari ke- 2 Pemerintah Desa Cangakan adakan upaya untuk meningkatkan pemahaman petani tentang budidaya padi organik ramah lingkungan digelorakan melalui kerjasama Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa Cangakan dengan Perpustakaan Desa Cangakan Cakrawala. Acara pelatihan dua hari, yang digelar di Balai Desa pada 14-15 November 2023, dibuka oleh Camat Kasreman Muhammad Arif Arifin, Selasa (14/11/2023)

Acara ini dihadiri oleh puluhan petani dari 5 Kelompok Tani (Poktan) wilayah Desa Cangakan. Narasumber dari BPP Kecamatan Kasreman, antara lain Sudirman Wahyu Hari Ahadi, Agung Arifianto, dan Winny Wulansari, memberikan pemahaman dan praktik dalam pembuatan pupuk organik serta pestisida nabati.

Di hari ke-2 Para petani diajari membuat berbagai macam pupuk dan pestisida organik seperti Beavuria Bassiana, Trichoderma, dan Ferinsa Plus, menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dan ekonomis.

Arbangi Koordinator Petani organik desa Cangakan berharap agar setelah pelatihan ini, petani mau menerapkan teknik budidaya ramah lingkungan. Diharapkan solusi ini dapat mengatasi kelangkaan dan kenaikan harga pupuk kimia serta pestisida, sehingga biaya produksi dapat ditekan. Implementasi praktik ini juga diharapkan dapat mengembalikan kesuburan tanah secara alami. Dan Cangakan memiliki sebuah kelompok lumbung organik

Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal bagi petani Desa Cangakan untuk berpindah ke metode budidaya yang lebih ramah lingkungan, mendukung keberlanjutan lingkungan, serta menjamin hasil pertanian yang berkualitas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Ngawi Caruban Km 6,5 Desa Cangakan Kecanatan Kasreman Kabupaten Ngawi
Desa : Cangakan
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : pemdescangakan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:148
    Kemarin:267
    Total Pengunjung:194.239
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.73.131
    Browser:Mozilla 5.0