SELAMAT DATANG DI WEBSITE DESA CANGAKAN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI #CANGAKAN NGANGENI

Artikel

Pemerintah Desa Cangakan Selenggarakan Parenting: Bahaya Media Sosial Terhadap Perkembangan Jiwa Anak

21 Mei 2024 16:31:56  ARBANGI  111 Kali Dibaca  Berita Desa

cangakan.desa.id - Selasa (21/05/2024) - Pemerintah Desa Cangakan melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat bekerja sama dengan Perpustakaan Desa (Perpusdes) Cakrawala mengadakan acara parenting dengan tema "Bahaya Media Sosial Terhadap Perkembangan Jiwa Anak". Acara ini menghadirkan narasumber Siti Jariyah S.Psi., M.Psi., seorang psikolog dari RSUD dr. Soeroto Ngawi.

Acara yang diadakan di Balai Desa Cangakan ini dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Kasreman, Sumbodo HS; Sekretaris Desa Cangakan, Subiyanto beserta perangkat desa, serta ibu-ibu kader Posyandu, wali murid dari TK Dharma Wanita dan RA Perwanida, serta ustadz dan ustadzah TPQ se-wilayah Desa Cangakan. Total peserta mencapai sekitar 90 orang yang terlihat sangat antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber.

Acara parenting ini dibuka secara resmi oleh Sumbodo HS. Dalam sambutannya, Sumbodo menyampaikan harapannya agar acara ini mampu memberikan pemahaman kepada para orang tua tentang pentingnya bijak dalam penggunaan gadget pada anak sejak dini. Ia juga menekankan betapa pentingnya bagi orang tua untuk memahami bahaya penggunaan media sosial terhadap anak di usia dini.

“Di usia 1000 hari pertama atau masa-masa emas perkembangan anak, sangat penting untuk tidak memanjakan anak dengan HP. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat berdampak buruk terhadap perkembangan jiwa anak,” ujar Siti Jariyah

Dalam materinya, Siti Jariyah menjelaskan berbagai dampak negatif media sosial terhadap perkembangan anak, seperti gangguan konsentrasi, kecemasan, hingga gangguan tidur. Ia juga memberikan tips kepada para orang tua tentang cara mengelola penggunaan gadget dalam keluarga, serta pentingnya menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan mental dan emosional anak.

Acara ini merupakan bagian dari upaya pemerintah desa dalam melaksanakan program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dengan tujuan meningkatkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat. Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan minat baca, tetapi juga pada pemberdayaan masyarakat melalui berbagai kegiatan edukatif.

Dengan adanya acara ini, diharapkan para orang tua di Desa Cangakan dapat lebih bijak dalam mengelola penggunaan media sosial dan gadget di kalangan anak-anak mereka, serta dapat memberikan lingkungan yang lebih baik untuk tumbuh kembang anak.

Antusiasme peserta menunjukkan bahwa isu ini sangat relevan dan penting bagi masyarakat. Semoga dengan kegiatan-kegiatan seperti ini, kesadaran akan pentingnya pengawasan penggunaan media sosial pada anak dapat semakin meningkat, sehingga generasi penerus dapat tumbuh dengan sehat dan seimbang.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Arsip Artikel

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl Raya Ngawi Caruban Km 6,5 Desa Cangakan Kecanatan Kasreman Kabupaten Ngawi
Desa : Cangakan
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : pemdescangakan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:17
    Kemarin:453
    Total Pengunjung:176.549
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.239.176.54
    Browser:Tidak ditemukan